Dan orang-orang beriman yang berkata: “yaRabb kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”. (Al Furqan:74)

Pesan sahabat Ali bin Abi Talib r.a :

Barangsiapa yang merindukan surga maka ia akan bersegera dalam melaksanakan kebaikan.

Barangsiapa takut siksa neraka, maka ia akan berhenti dari mengikuti hawa nafsu.

Barangsiapa yang meyakini datangnya kematian, maka dia tidak akan terlena dengan kesenangan dunia.

Barangsiapa mengetahui bahwa dunia adalah negeri cobaan, maka semua musibah yang menimpanya akan terasa ringan.

Rahasia zuhud Hasan Basri rahimahullah :

Aku tahu rizkiku tidak akan diambil orang lain, karna itulah qalbuku selalu tenang.

Aku tahu amal perbuatanku tidak akan ditunaikan orang lain, karna itulah aku sibuk mengerjakannya.

Aku tahu Allah mengawasiku, karna itulah aku merasa malu bila Dia melihatku dalam keadaan maksiat.

Aku tahu kematian sudah menungguku, karna itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah.